Membuat Kuliner Jepang


Temari-zushi (sushi bundar)



Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

700 g nasi baru matang
1 butir telur
2 keju lembar (jika tidak tersedia bisa memotong tipis keju batang)
1/2 alpukat
4 udang (ukuran sekitar 10 cm. Buang bagian kepala tetapi cangkangnya masih menempel)
3 sendok makan cuka beras
1 1/3 sendok makan gula
Kecap asin Jepang atau shoyu
Garam
1/2 sendok teh minyak nabati



Cara Memasak :

Pertama siapkan campuran cuka. Campurkan 3 sendok makan cuka beras, 1 sendok makan gula dan satu sendok teh garam di dalam mangkuk. Masukkan nasi saat masih cukup panas. Gunakan sodet untuk mengaduk nasi dengan cuka secara merata selama dua menit. Proses tersebut akan menciptakan su-meshi atau nasi cuka untuk dijadikan bola-bola sushi. Dinginkan nasi cuka dengan menyebarkannya di atas baki agar tidak terlalu panas. 

Berikutnya bentuk nasi menjadi seperti bola-bola kecil. Untuk membuatnya, tempatkan sekitar 20 gram nasi di atas bungkus plastik lalu bentuk nasi membundar dengan diameter sekitar 3 cm. Lalu buka bungkus plastik dan tempatkan bola-bola nasi ke dalam baki. Tutup semuanya dengan bungkus plastik. 

Untuk menyiapkan udangnya, didihkan 200 mililiter air yang dicampur dengan 1 sendok teh garam. Masukkan udang yang kotorannya sudah dibersihkan dan rebus selama dua menit. Saat udangnya sudah dingin, kupas cangkangnya termasuk bagian kaki dan ekor, lalu potong setengah memanjang.

Potong keju lembar menjadi empat bagian.

Untuk membuat telur orak-arik, kocok telur dengan 1 sendok teh gula dan sejumput garam. Panaskan wajan kecil dan tuang 1/2 sendok teh minyak nabati ke dalamnya, lalu angkat dari kompor. Dinginkan wajan sesaat dengan meletakkannya di atas lap lembap. Kemudian masukkan kocokan telur dan aduk rata. Pindahkan wajan kembali ke kompor dan terus aduk sampai menjadi telur orak-arik. Pindahkan telur orak-arik ke piring.

Belah alpukat memanjang dan keluarkan bijinya. Ambil salah satu belahan dan dibelah menjadi dua lagi. Kupas kulitnya lalu diiris dengan ketebalan sekitar 4 milimeter. Bumbui irisan alpukat dengan sedikit kecap asin Jepang.
Untuk menambah lapisan atas (udang, alpukat, keju dan telur orak arik) di bola-bola sushi, bentangkan lembar kecil bungkus plastik di setiap bola-bola sushi. Letakkan seporsi udang, alpukat, keju dan telur orak-arik di tengah plastik dengan bagian yang terlihat bagus menghadap ke bawah. Lalu tempatkan bola sushi di atasnya, bungkus dengan plastik dan tekan lapisan atas tersebut ke nasi. Buka bungkusan plastik setelah bola-bola sushi selesai dibuat dan siap disajikan. Beragam Jenis Sushi 


Di namakan Temari-zushi karena serupa dengan temari atau bola kecil mainan tradisional yang dibuat dari gulungan kain beragam warna. Mame-zushi bahkan lebih kecil dari temari-zushi. Mame berarti 'kacang'. Nigiri-zushi mungkin salah satu sushi yang paling terkenal, nasi cukanya dibentuk dalam ukuran sekali santap dan terdapat irisan ikan, udang, telur dan yang lainnya di atasnya. Maki-zushi adalah nasi cuka dan bahan lainnya dibentuk menjadi sushi gulung. Dan inari-zushi merujuk pada nasi cuka yang dibungkus dalam kulit tahu goreng. Oshi-zushi, semua bahan dibentuk dan ditekan di dalam cetakan, sementara chirashi-zushi adalah beragam taburan ditempatkan di atas semangkuk nasi cuka. Resep chirashi-zushi dan maki-zushi bisa Anda lihat di situs Ayo Masak Makanan Jepang.









_________________________________________________________________________

0 komentar: