Perkenalan (jikoshokai)

Sekarang, ayo kita belajar mengucapkan salam pada saat pertama kali bertemu atau pada saat perkenalan.

Dialog dalam Romaji:
Mori: Sato-san, konnichiwa. Kochira wa Budi-san desu.
Budi: Hajimemashite, Budi desu. Douzo yoroshiku.
Sato: Hajimemashite, Sato desu. O-kuni wa dochira desu ka.
Budi: Indonesia desu.

Dialog dalam Nihongo:
もり: さとうーさん、こんにちは。こちらはブディさんです。
ブディ: はじめまして、ブディです。どうぞよろしく。
さとう: はじめまして、さとうです。おくにはぢちらですか。
ブディ: インドネシアです。

Dialog dalam Bahasa Indonesia:
Mori: Pak Sato, selamat siang. Ini pak Budi.
Budi: Saya bertemu dengan anda yang pertama kali, saya Budi. Terimalah perkenalan saya dengan baik.
Sato: Saya bertemu dengan anda yang pertama kali, saya Sato. Anda dari negara mana?
Budi: Dari Indonesia.

A wa B desu = A adalah B.
こちら(kochira) = artinya Orang ini.
くに(kuni) = artinya Negara, O didepan kuni (O-kuni) adalah bentuk hormat dari kuni.
どちら(dochira) = artinya Mana, bentuk hormat dari どこ(doko).

Bagaimana, apakah sudah paham?
Sederhana koan. Sekali kamu bisa memahami struktur kalimat di atas, maka pertanyaan-pertanyaan berikutnya akan sangat mudah dibuat. Lihat aja:
O-namae wa nan desu kaおなまえ は なんですか。Siapa nama kamu?
O-shigoto wa nan desu ka.おしごと は なんですか。Apa pekerjaan kamu?
Berikut ini bagaimana menjawab pertanyaan di atas:
Nakamura(nama kamu) desu.なかむら (nama kamu) です。Saya Nakamura.
Syain (pekerjaan kamu) desu.しゃいん (pekerjaan kamu) です。 Seorang karyawan.

いっしょにべんきょうしましょう
isshoni benkyoushimashou

0 komentar: